/* body expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

22 March 2013

Info UN 2013, Bobot Soal Sulit Ditambah 10 Persen!

oleh. Kemdikbud.go.id - Jakarta, Tgl. 13-03-2013
Jakarta -- Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional (UN) tahun ini mengalami sejumlah perubahan. Mulai dari bertambahnya variasi soal yang sebelumnya hanya berjumlah lima, kini menjadi 20 variasi soal, hingga digunakannya sistem barcode pada naskah soal dan lembar jawaban UN (LJUN). Tidak hanya itu, komposisi bobot soal juga berubah. Bila tahun lalu bobot soal mudah sebanyak 10 persen, sedang 80 persen, dan sulit 10 persen, tahun ini bobot soal sulit ditambah lagi 10 persen. Dengan penambahan jumlah soal yang sulit itu, maka komposisi bobot soal pada UN 2013 ini menjadi 10 persen soal mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sulit.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khairil Anwar Notodiputro mengatakan banyak pihak mengkritik bahwa soal UN dinilai terlalu mudah. Hal tersebut dilihat dari hasil TIMMS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Programme for International Student Assessment) yang menyebut masih ada beberapa materi yang tidak diujikan dalam UN. "Persentase kelulusan UN di Indonesia juga dinilai begitu tinggi," kata Khairil di Jakarta, beberapa hari yang lalu.

“Tingkat kelulusan SMA mencapai 95,5 persen. Berarti yang tidak lulus hanya 0,5 persen. Bukan berarti kami ingin banyak yang tidak lulus, tetapi kami juga ingin meningkatkan grade peserta didik kita. Jangan sampai karena khawatir banyak yang tidak lulus, lalu kita tidak tingkatkan mutu UN kita,” tambah Khairil.

Meski terdapat penambahan soal yang sulit, namun dirinya berharap nilai UN tahun ini tetap lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Jika demikian, maka itu artinya sebenarnya peserta didik mampu menjawab soal, meski jumlah bobot soal sulit ditambah. “Kalau seperti itu tidak menutup kemungkinan jika tahun depan kami naikkan lagi persentase soal yang sulit. Kita harus berani. Jika tidak, kapan kita maju?” tandas Khairil.

Walau menginginkan peningkatan kualitas peserta didik melalui UN dengan menambah soal yang sulit, namun pihaknya tidak serta merta langsung menaikkan jumlah soal yang sulit secara drastis. Khairil mengaku akan melihat hasil pada UN tahun ini dan jika peserta didik dapat melewatinya dengan baik, pihaknya berencana akan meningkatkan terus bobot soal sulit ini. “Kami tidak berani mengubahnya tiba-tiba dengan perbandingan 50 persen soal sulit dan 50 persen soal sedang dan mudah. Kami lakukan perlahan sambil mengukur dan menjajaki seberapa besar kemampuan anak-anak,” imbuhnya. (RA)

No comments:

New Single 2012

Ungu -[Alb. Timeless]-1. Apa Sih Maumu Ungu -[Alb. Timeless]-2. Kau Anggap Apa Ungu - [Alb. Timeless]-3.Sayang Ungu -[Alb. Timeless]-14. Puing Kenangan TRIAD - Neng Neng Nong Neng 7 Icons - My Friend Super Senior (OVJ crew) - Potong Bebek Angsa TRIAD - Ku Ingin Lama Pacaran Disini (Live) Merpati Band - Setia Selamanya Denganku Merpati Band - Aku Rela Rindu - Pacarku Beristri Justin Bieber - Boyfriend Sule feat Andre - Smile U Don't Cry Dadido - Aca Aca Nehi Nehi Salju - ABCD (Abang Cinta Denganmu)

soal perbaikan Ulangan kenaikan kelas 8, Elektronika

time is over.... Dikerjakan dan hasilnya dikirim. caranya kirimkan identitas nama dan email sesuai yang diisikan pada pengerjaan soal, via SMS ke 02747002744

Latihan soal UKK elektronika sem genap

Layanan latihan soal akan ditutup tanggal 19 Juni 2012 jam 05:00

Soal Remidi Elektronika Mid Semester Genap 2012

Remidi TIK 8A

------ Dikerjakan dan hasilnya dikirim. caranya kirimkan identitas nama dan email sesuai yang diisikan pada pengerjaan soal,beserta skor yang diperoleh via SMS ke 02747002744
/* BEGIN mouse step 2 */ /* END mouse step 2 */ /* heart */ /* end heart */